Google+ Badge

Jumat, 18 Oktober 2013

Memaksimalkan Keuntungan Home Industri Natural Kedelai dengan menggunakan metode simpleks dan Metode Grafis

BAB I
PENDAHULUAN

1.1       Latar Belakang
Seiring perkembangan bisnis yang disertai persaingan yang begitu ketat antar home industri-home industri maju serta home industri yang baru dibangun, hal ini sangat berpengaruh bagi pendapatan home industri yang harus berjuang untuk tetap melaksanakan aktivitas home industrinya terutama kegiatan produksi agar kelangsungan hidup home industrinya dapat terus berkembang.
Home industri Natural Kedelai adalah Home industri rumahan yang memproduksi tahu dan tempe yang berlokasi di daerah Jakarta Barat, Jawa Barat. Bahan baku utama yang digunakan adalah kedelai yang digiling yang sekarang ini harganya makin melonjak seiring dengan kebijakan pemerintah atas bahan baku kedelai, untuk menjaga kelangsungan dan perkembangan home industri Natural Kedelai diperlukan langkah-langkah untuk dapat meningkatkan laba atau keuntungan, oleh sebab itu, diperlukan suatu usaha untuk dapat menggunakan suatu metode dalam menentukan kombinasi yang tepat untuk penggunaan faktor produksi dari produk yang dihasilkan. Mengatasi permasalahan diatas yaitu masalah tentang proses produksi dan tujuan utamanya untuk memperoleh keuntungan maka metode yang paling tepat untuk digunakan adalah programasi linier dengan metode simpleks dan metode grafis.
            Home industri Natural Kedelai memproduksi tahu dan tempe dengan bahan baku ragi, kedelai, dan bumbu dapur (bawang putih giling) untuk memberi rasa dan warna yang menjadi ciri dan kekhasan dari produk yang diluncurkan oleh home industri Natural Kedelai.

1.2       Perumusan Masalah
            Masalah-masalah yang akan dihadapi adalah Bagaimana cara memaksimalkan keuntungan penjualan produk tempe perharinya, bagaimana cara memaksimalkan keuntungan penjualan produk tahu perharinya, Bagaimanakah cara memaksimalkan keuntungan perhari agar pendapatan home industri Natural Kedelai meningkat dan metode apakah yang paling tepat digunakan untuk proses produksi dan tujuan utamanya memperoleh keuntungan.

1.3       Pembatasan Masalah
            Masalah-masalah telah dirumuskan kemudian dibatasi agar tidak menyimpang jauh dari arah tujuan penulisan jurnal ini. Berikut adalah batasan-batasan yang harus diketahui:
1.    Home industri yang diamati hanyalah Home industri Natural Kedelai.
2.    Produk yang dimati hanyalah Produk tempe dan tahu saja.
3.    Bahan yang digunakan hanyalah ragi, kedelai, dan bumbu dapur saja.
4.    Metode yang digunakan hanyalah metode grafis dan metode simpleks saja.
5.    Masalah yang dihadapi adalah masalah untuk memaksimalkan keuntungan saja.

1.4       Tujuan Penulisan
            Penulisan jurnal ini dilakukan untuk mengetahui bahan-bahan yang digunakan dalam proses produksi produk tempe dan tahu dan mengetahui apakah produk yang dihasilkan dapat memberikan keuntungan maksimal atau tidak, untuk itu di buat tujuan penulisan seperti berikut ini:
1.  Mengetahui berapa kebutuhan Home industri Natural Kedelai yang harusnya dipenuhi dalam memproduksi produk tempe untuk mencapai keuntungan maksimal perharinya.
2.    Mengetahui berapa kebutuhan Home industri Natural Kedelai yang harus dipenuhi dalam memproduksi produk tahu untuk mencapai keuntungan maksimal perharinya.
3.    Mengetahui berapa Keuntungan maksimum yang akan diperoleh oleh Home industri Natural Kedelai.
4.    Mengetahui metode apakah yang baiknya digunakan untuk menyelesaikan masalah proses produksi dan masalah memperoleh keuntungan yang maksimal.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar