Rabu, 29 April 2015

ETIKA PROFESI TUGAS KEDUA

1. Apa arti title sarjana untuk anda?
    Jawab :
         Title sarjana buat saya merupakan nilai jual atau nilai tambah untuk meraih posisi atau kedudukan yang lebih tinggi di sebuah perusahaan. Sebuah title sarjana dapat diperoleh setelah menempuh kuliah dibidang studi tertentu, biasanya menghabiskan waktu sekitar 3 hingga 5 tahun untuk memperoleh gelar sarjana tersebut. kandidat gelar sarjana diharuskan memiliki pendidikan setingkat SMA atau sederajat dan akan dianugerahkan sebuah gelar sarjana sesuai dengan bidang keahlian masing-masing atau jurusan masing-masing.
         Sebuah title sarjana yang didapat buat saya merupakan sebuah nama dengan gelar baru, dan merupakan sebuah awal kehidupan baru untuk dapat mandiri dan membalas perbuatan baik orang tua. Title sarjana yang telah diperoleh adalah sebuah beban berat yang harus dipertanggungjawabkan, karena pada saat itulah kita akan dihadapkan kepada sebuah dunia kerja.

2. Apa arti kejujuran buat hidup anda?
    Jawab :
           Kejujuran secara baku dapat diartikan "mengakui, berkata atau memberikan informasi yang sesuai kenyataan dan kebenaran. Kejujuran menurut saya merupakan satu kata yang sangat sederhana dan merupakan sebuah usaha agar terhindar dari kesalahan-kesalahan dalam menginformasikan sebuah kebenaran atau kenyataan, namun kenyataannya di saat sekarang ini menjadi suatu yang langka dan sangat tinggi harganya.
             Sebagai contoh pengalaman kejujuran dalam kehidupan saya adalah saat membeli buku untuk keperluan perkuliahan, disaat itu saya meminta sejumlah uang kepada orang tua untuk membeli buku tersebut, kemudian diberikanlah sejumlah uang dengan nominal Rp 100.000,- setelah uang tersebut diberikan, saya mencari buku tersebut untuk saya beli kemudian setelah mencari-cari buku tersebut didapatlah buku tersebut dengan harga Rp 75.000,-. Buku yang telah dibeli seharga Rp 75.000,- dengan uang yang diberikan oleh orang tua kembali Rp 25.000,-, nah kembalian Rp 25.000,- tersebut saya kembalikan kepada orang tua saya, setelah saya berikan kembalian tersebut salah satu orang tua saya berkata "ambil saja kembaliannya dit buat keperluan lainnya".
             Dari pengalaman kejujuran dalam kehidupan saya, dapat saya petik sebuah pelajaran yaitu bahwa berkata jujur sesuai kenyataan atau kebenaran yang ada memberikan dampak yang baik terhadap kehidupan saya sekarang atau masa depan nanti. 


Sumber   :
Aditya Kurnia berdasarkan kisah nyata hidupnya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar